Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen. Kegiatan memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Marbel hijaiyah maksudnya adalah Mari Belajar Hijaiyah dalam mengenal huruf hijaiyah melalui bahasa isyarat bagi peserta didik disabilitas runggu di SLB YPPLB Padang. Kegiatan pelatihan ini di ketuai oleh Prof. Dr. Mega Iswari dan anggota Setia Budi M.Kes, dan Retno Triwandari dari Departemen Pendidikan Luar Biasa.
Kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh guru yang mengajar disabilitas rungu dan peserta didiknya. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM untuk memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Marbel Hijaiyah berbasis Android untuk mengenal huruf hijaiyah melalui Bahasa Isyarat bagi peserta didik Disabilitas Rungu. Aplikasi ini berisikan huruf hijaiyah, bahasa isyarat beberapa dan kuis kuis yang harus dijawab oleh peserta didik.
Selanjutnya, kegiatan PKM ini dijabarkan dalam 6 bentuk kegiatan pelaksanaan. Kegiatan pertama adalah sosialisasi yang berisi penyampaian materi pembelajaran tentang konsep huruf hijaiyah kepada peserta didik disabilitas rungu. Kegiatan kedua adalah pelatihan menggunakan aplikasi marbel hijaiyah yang berbasis Android. Kegiatan ketiga adalah penerapan teknologi aplikasi Marbel Hijaiyah yang sudah dapat diinstal di gawai/ HP masing-masing. Kegaitan berikutnya adalah pendampingan. Pendampingan yang dilakukan pada saat proses sosialisasi penyampaian materi, pendampingan pada saat menyelesaikan soal latihan pada aplikasi Mari Belajar Hijaiyah, serta pendampingan tindak lanjut implementasi hasil belajar pada konteks pembelajaran sesungguhnya yang dilakukan oleh peserta didik disabilitas rungu.
Kepala sekolah Desi Oktaria S.Pd dan guru yang mengajar di kelas disabilitas rungu sangat berterima kasih kepada UNP terkhususnya pada Tim pelaksana dari Departemen pendidikan luar biasa untuk melakukan pelatihan penerapan Aplikasi ini. Karena sangat membantu guru dalam proses pembelajaran dan peserta didik dalam memahami materi hijaiyah. Dengan harapan pelatihan ini dapat diterapkan oleh guru tidak hanya pada peserta didik disabilitas rungu tapi bisa juga pada disabilitas yang lainnya.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode 1) Demonstrasi Metode ini dipilih untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap dan sitematika penerapan penggunaan Aplikasi Marbel ini. Demonstrasi dilakukan oleh instruktur dari dosen PLB daan mahasiswa Tehnik Universitas Negeri Padang 2) Penugasan. Metode ini digunakan untuk memberikan tugas kepada disabilitas rungu untuk menjawab soal soal yang diberikan pada aplikasi Marbel berbasis android melalui bahasa Isyarat. 3) Ceramah. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep yang penting kepada peserta didik disabilitas rungu yang akan dilatih dalam penggunaan Aplikasi Marbel melalui bahasa isyarat sampai peserta didik paham dan mengerti dengan huruf hijayaiyah yang akan dipelajari. Penggunaan metode ini dengan pertimbangan bahwa metode ceramah yang dikombinasikan tanya jawab dan latihan melalui test agar memahami dan mampu mengucapkan huruf dengan baik dan benar, karena materi yang diberikan relative lebih mudah. 4.) Tugas Lapangan
Peserta didik disabilitas rungu di tugaskan untuk mempelajarinya kembali Aplikasi ini dalam mengenal dan mengucapkan huruf hijayaiyah di rumah agar lancar membacanya. Sehinngga bisa dilanjutkan untuk belajar membaca iqra dan dilanjutkam membaca alquran secara mandiri. Untuk keberlanjutan program di lapangan setelah kegiatan PKM selesai dilaksanakan, tim memantau hasil yang diperoleh peserta didik disabilitas rungu serta hirilisasi kepada peserta didik berkebutuhan khusus di SLB lainnya. Kemudian dilakukan pendampingan untuk memonitor dan melakukan evaluasi tentang pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan.