Pelatihan Pembuatan Pelet Pakan Ikan dari Limbah Pangan bagi Mahasiswa PLB FIP UNP

Dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat dosen jurusan PLB FIP UNP, dengan skema program pengembangan kewirausahaan (PPK)  yang diketuai oleh Dr. Irdamurni.M.Pd dan anggota tim(1)  Dr.Nurhastuti,M.Pd, (2) Drs. Ardisal.M.Pd dan (3) Johandri Taufan, S.Pd.,M.Pd telah melakukan  pelatihan pembuatan pelet pakan ikan dari limbah pangan bagi mahasiswa PLB FIP UNP.pada hari Mingu tanggal 25 Juli 2021 di kampus PLB Limau Manis, dengan jumlah peserta 10 orang mahasiswa yang dibagi dalam 5 kelompok tenant.  Pelaksanaan pelatihan dibuka oleh ketua jurusan PLB FIP UNP dengan tetap memperhatikan prokes kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat pelet pakan ikan dari limbah pangan serta berwirausaha pelet pakan ikan dari limbah pangan. Pelatihan dilaksanakan satu hari dikampus PLB Limau Manis, karena jumlah mahasiswa hanya 10 orang, maka pelaksanaan pelatihan dilakukan secara tatap muka, tetapi tetap melaksanakan protocol kesehatan. Hari berikutnya adalah hari praktek mahasiswa membuat pelet pakan ikan drai limbah pangan.

Materi pelatihan tentang kewirausahaan Pelet pakan ikan dengan nara sumber (1)  Ir.Rudy Kusuma.M.P.Ph.D, (2) Johandri Taufan. S.Pd.,M.Pd tentang teknik pemasaran produk secara online dan of line. (3) Drs. Ardisal.M.Pd tentang  tata cara pembuatan pelet pakan ikan dari limbah pangan.. Setelah selesai dicetak dan dijemur sampai kering, maka Selanjutnya tahap uji coba dengan ikan. Apakah pelet tersebut merapung di air dan disukai oleh ikan. Hasil uji coba tersebut dilakukan revisi dari pembuatan pelet. Sampai pelet tersebut bentuknya sama dengan yang dijual di pasaran, kemudian disukai oleh ikan dan merapung dalam kolam ikan.

Tahap selanjutnya pengemasan pelet dan latihan pemasaran. pada pemasaran, mahasiswa dua orang dalam satu kelompok tenant berlatih memasarkan pelet pakan ikan, baik melalui online maupun melalui ofline. Atau dor to dor kepada petani ikan yang ada disekitar limau manis.masing masing tenant dibimbing oleh satu orang dosen dari anggota tim. Hasil penjualan pelet tersebut dikembangkan lagi sesuai permintaan petani ikan.