TINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU SLB DI SUMATERA BARAT, DR. MARLINA, S.PD, M.SI GELAR WORKSHOP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK AUTIS

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Aplikasi Digital Isyarat Kata Kunci (Adikku) untuk Mengajarkan Komunikasi pada Anak Autis bagi Guru SLB di Sumatera Barat ini merupakan hilirisasi hasil dari penelitian selama 2018-2019 tentang Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa Anak Autis. Dr. Marlina, S.Pd, M.Si meyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk Tahun I ini dalam bentuk workshop yang menitikberatkan kepada pemantapan pengetahuan dan pemahaman peserta guru-guru SLB tentang anak autis, komunikasi autis, dan isyarat kata kunci. Sedangkan tahun II kegiatan pengabdian ini akan memberikan pelatihan cara membuat aplikasi digital isyarat kata kunci kepada guru-guru SLB.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun I ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pada tanggal 10 Mei, 26 Juni dan 19 Agustus 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting. Workshop ini diikuti oleh sebanyak 25 peserta yang merupakan perwakilan dari guru-guru SLB autis di Sumatera Barat. Proses rekruitment peserta dilakukan dengan bekerjasama dengan MKKS SLB Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Bidang Pembinaan SLB) dan pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid 19, yakni menggunakan aplikasi google.doc.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan guru-guru SLB dalam menyusun instrumen identifikasi dan asesmen anak autis, meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan asesmen keterampilan berbahasa anak autis, dan menambah pemahaman guru-guru tentang konsep dasar Isyarat Kata Kunci (IKK) yang meliputi pengertian, tujuan, komponen IKK, dan cara menggunakan IKK.

Workshop yang pertama diadakan pada tanggal 10 Mei 2020 mengusung tema “Konsep Dasar dan Keterampilan Berbahasa Anak Autis”. Kegiatan ini memboyong tiga pembicara hebat yang tentunya ahli dalam bidangnya, yaitu Rafmateti, S.Pd yang menyampaikan maateri tentang Konsep Dasar Autis, Rahmahtrislvia, S.Pd., M.Pd. yang membahas tentang Autisme Non-Verbal, da juga Dr. Marlina, S.Pd., M.Si. yang menjelaskan tentang Keterampilan Berbahasa Anak Autis.

Workshop yang kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2020 yang membahas tentang “Instrumen Identifikasi dan Asesmen Autis”. Materi-materi yang dibahas pada kegiatan workshop yang kedua ini yaitu tentang Konsep Identifikasi dan Asesmen Autis, Asesmen Autisme (DSM IV), dan juga Instrumen Asesmen Berbahasa Autis dengan pembicara yang sama dengn workshop sebelumnya.

Pelaksanaan workshop yang ketiga dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2020 dengan tema “Aplikasi Digital Isyarat Kata Kunci (Adikku) untuk Mengajarkan Komunikasi Pada Anak Autis bagi Guru-guru SLB Sumatera Barat”. Materi yang dibahas dalam kegiatan workshop kali ini yaitu tentang penyusunan instrumen asesmen autis,  penyusunan instrumen keterampilan berbahasa anak autis dan juga ikk dan keterampilan berbahasa anak autis.

Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi guru-guru SLB terutama dalam menambah keterampilan dan wawasan tentang keterampilan berbahasa anak autis. Harapannya kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan sehingga keterampilan guru-guru SLB terus terasah. Salah satu video dari kegiatan workshop tersebut, bisa dilihat di channel youtube Marlina Muluk di https://www.youtube.com/watch?v=uNj5eZbKGG0

Meski demikian, pihak penyelenggara mengaku, peran dari pemerintaah Sumatera Barat sangat dibutuhkan khususnya dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan Sumatera Barat Bidang Pembinaan SLB untuk membantu terselenggaranya kegiatan ini.